Tim P2M Polinema melatih keterampilan UMKM Shingkara untuk meningkatkan kualitas kemasan produk

Kab. Malang – Komunitas UMKM Shingkara merupakan paguyuban para pelaku UMKM di Kecamatan Singosari yang banyak anggotanya menjual produk kemasan seperti makanan ringan kripik dan minuman instan rempah-rempah (empon-empon). Namun dikarenakan minimnya peralatan yang mendukung untuk meningkatkan kualitas kemasan produk serta kurangnya inovasi dalam pemasaran menjadikan produk-produknya belum bisa bersaing dengan produk-produk pasaran. Pada hari Sabtu tanggal 5 Juni 2022 tim Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) Politeknik Negeri Malang (Polinema) telah mengadakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) bersama mitra UMKM Shingkara. Kegiatan PPM tersebut meliputi pemberian hibah mesin press segel plastik otomatis, pelatihan pengoperasian dan perawatan mesin press segel plastik otomatis, dan pelatihan copy writing for marketing kepada UMKM Shingkara. Kegiatan PPM ini juga dihadiri oleh perangkat Kelurahan Banjararum dan perwakilan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kab. Malang.

Serah terima mesin segel plastik kepada koordinator komunitas UMKM Shingkara

Setelah sambutan-sambutan dan serah terima mesin press segel plastik, kegiatan pertama adalah pelatihan pengoperasian dan perawatan mesin press segel plastik otomatis yang dilatih oleh Bapak Zakki Fuadi Emzain, S.Pd., M.Sc. selaku tim PPM Polinema Jurusan Teknik Mesin. Materi yang disampaikan mulai dari cara pengaturan model mesin, cara menyalakan mesin, cara pengaturan suhu, cara proses penyegelan kemasan, cara mematikan mesin, dan cara perawatan yang tepat terhadap mesin agar performa mesin tetap stabil. Tidak hanya itu, demo tutorial penyegelan kemasan dari salah satu produk peserta pelatihan yang berisi cairan juga diperagakan. Para peserta pelatihan sangat antusias terbukti dengan banyaknya jumlah peserta yang berpartisipasi dan banyaknya tanya jawab yang terjadi.

Pelatihan pengoperasian dan perawatan mesin segel plastik

Kegiatan pelatihan selanjutnya adalah pelatihan copywriting for UMKM dengan mendatangkan narasumber dosen Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang yaitu Ibu Nurul Hidayatinnisa’ S.E., M.M. Beliau memberikan materi tentang tips dan strategi pemasaran produk, bagaimana cara membuat konten pemasaran dengan pilihan dan sususan kata-kata yang cantik dan persuasif sesuai dengan subjek customer yang ditarget, waktu yang tepat untuk mengiklan, dan aplikasi Android yang dapat dimanfaatkan dengan mudah untuk membuat konten pemasaran seperti Whatsapp Business, Canva, VN Video Editor, dan CapCut.

Pelatihan copywriting untuk komunitas UMKM Shingkara

Kegiatan pengabdian yang telah diselenggarakan dihadiri sebanyak 40 pelaku usaha mikro di komunitas UMKM Shingkara Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Pihak mitra Ibu Sri Handayani selaku koordinator komunitas UMKM Shingkara menyampaikan sangat berterima kasih atas adanya program pengabdian ini dengan penyediaan mesin press segel plastik dan pelatihan-pelatihan pendukungnya. Dari kegiatan pengabdian ini menunjukan terjadi peningkatan kemasan produk para pelaku UMKM yang produk utamanya adalah makanan ringan. Yang pada awalnya hanya menggunakan alat press plastik manual (hand sealer) yang masih rentan kurang rapat dan setelah menggunakan mesin press segel plastik otomatis ini terbukti kemasan semakin rapat, kuat, dan tidak bocor. Wawasan peserta para pelaku usaha mikro terkait strategi marketing juga bertambah. Sehingga kegiatan pengabdian ini sangat membantu sekali para anggota komunitas UMKM Shingkara untuk meningkatkan kemasan produk dan meningkatkan daya saing dengan produk-produk pabrik.